Cara Mendaftar Akun Baru di Google Play Developer (Play Console)



Jika Sobat hoby membuat aplikasi terutama aplikasi android, entah itu menggunakan jasa pihak ke 3 atau membuat langsung sendiri aplikasinya dari android studio atau aplikasi lainya, tidak ada salahnya sobat mempublikasikannya melalui penyedia jasa yang tidak diragukan lagi ketenarannya, yaitu google play store, namun sobat bingung bagaimana cara memulainya ?  Sebenarnya cara mendaftar akun Google Play Developer ini sangat mudah.

Yang sobat perlukan hanyalah akun Google dan kartu kredit atau kartu debit untuk pembayaran. Untuk akun Google sendiri saya yakin sobat semua pasti sudah punya. Apalagi jika sobat sudah punya perangkat Android dan sudah bisa download aplikasi di Play Store.

Untuk metode pembayarannya sendiri adalah wajib menggunakan kartu kredit atau kartu debit untuk mmebayar. Sobat juga bisa menggunakan VCC sebagai salah satu alternatif untuk mendaftar akun Google Play Developer tanpa kartu kredit. baca cara melakukan pembayaran google play develover melalui VCC.

Setelah sobat menyiapkan akun Google dan kartu untuk metode pembayaran, sobat bisa ikuti tutorial mudah berikut ini:

  • Masuk ke halaman Google Developer ini. Klik tombol Login untuk mulai login ke Google Play Console.
  • Masuk dengan menggunakan akun Google milikmu. INGAT! Pastikan sobat mengingat akun Google yang kamu gunakan ini, karena nantinya akun Google Developer akan ditautkan ke akun sobat tersebut.
  • Setelah masuk, sobat harus menyetujui perjanjian pengembang, lalu klik Lanjutkan untuk melanjutkan ke pembayaran.



  • Masukkan informasi kartu kredit atau kartu debit. Jangan sampai ada yang salah agar proses pembayaran berhasil.

  • Meskipun sobat menggunakan kartu kredit atau debit dari Indonesia, sobat tidak perlu khawatir dengan mata uang $25 karena secara langsung akan dikonversikan ke Rupiah. Saya kena charge di debit rekening saya sebesar Rp 375 ribuan (kurs dolar $1 = Rp.15.000 x $25).
  • Klik Bayar untuk memulai proses pembayaran. Jika selesai sobat akan mendapati tampilan seperti ini.

  • Lengkapi beberapa informasi tambahan yang diperlukan.


  • Pendaftaran selesai dan kini sobat sudah punya akses ke Google Play Console.
Dengan sudah terdaftarnya akun Google Play Developer sobat, kini sobat sudah punya akses login ke Google Play Console. Sehingga sobat sudah bisa upload aplikasi ke Play Store untuk mulai mendistribusikan aplikasi Android sendiri.

Selamat mencoba....

0 Response to "Cara Mendaftar Akun Baru di Google Play Developer (Play Console)"

Post a Comment