Mengapa harus ada CAPTCHA, Apa sih Kegunaan CAPTCHA, Berikut Penjelasannya !!!

captcha
Pengertian CAPTCHA
CAPTCHA merupakan singkatan dari “Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart” adalah sejenis kaedah challenge-respons untuk memastikan bahwa respon yang dihasilkan hanya boleh dibuat oleh manusia dan bukannya komputer. Dengan arti kata lain, CAPTCHA adalah pengesahan kata ujian yang dimasukkan dari suatu bentuk sign-up seperti sign up akun Gmail, Yahoo, Facebook ,twitter,  dan banyak lagi.
Setiap pengguna internet akan mempunyai pengalaman CAPTCHA dan mereka terpaksa menempuh walaupun ada sesetengahnya menggangap  sangat menyusahkan, tetapi tidak semua sependapat karena itu adalah salah satu fitur keamanan menuju akun kita. Jadi dalam posting kali ini saya akan rumuskan tentang bagaimana CAPTCHA bekerja dan mengapa harus digunakan.
Spoiler for Sejarah tercipta'nya captcha:
Gambar huruf kacau balau itu disebut CAPTCHA ,Ini adalah salah satu penerapan metode Turing Test yang digagas oleh Alan Turing di tahun 1950. Gunanya untuk memastikan bahwa pengisi formulir adalah benar-benar seorang manusia. Program komputer akan mengalami kesulitan dalam mengartikan huruf-huruf yang bengkok-bengkok atau bertumpuk sementara manusia masih dengan (agak) mudah membacanya.
Sebelum ada CAPTCHA, spammer/hacker dapat membuat program untuk secara otomatis mengisi formulir seperti pendaftaran email gratis, sehingga ia akan memperoleh ribuan alamat email dengan mudah untuk kemudian disalah-gunakan Atau untuk mengubah hasil sebuah polling online, seseorang bisa saja membuat program sederhana untuk mengisi polling tersebut dengan jawaban yang sama sebanyak ribuan atau bahkan jutaan kali. Akibatnya polling itu tentu saja menjadi tidak valid

Kenapa harus ada Captcha ?? Apa fungsi'nya ?? [Pengertian & fungsi captcha]
"CAPTCHA" (berasal dari bahasa Inggris "capture" / menangkap) diciptakan tahun 2000 oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (semua dari Carnegie Mellon University), dan John Langford (IBM). Istilah ini adalah akronim bahasa Inggris dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart" (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia).
Untuk mencegah program yg di buat hacker/spamer, kini semua formulir akan menampilkan CAPTCHA berupa gambar huruf-huruf bengkok atau saling menyambung yang sukar dibaca oleh program atau komputer, namun (relatif) mudah dibaca manusia. Jika isian dari pengisi formulir sesuai dengan gambar yang ditampilkan, maka kemungkinan besar pengisi formulir adalah seorang manusia, bukan program komputer.
captcha2
CAPTCHA biasanya dibuat secara otomatis secara acak setiap kali ada orang yang masuk halaman formulir di web, sehingga hampir tidak ada dua CAPTCHA yang serupa. Ini membuat jumlah kombinasi yang mungkin muncul sangat-sangat banyak, sehingga hampir tidak mungkin untuk membuat program yang mampu mengingat dan menjawab CAPTCHA yang akan muncul.
Selain CAPTCHA visual yang sering kita jumpai, ada juga versi audio bagi penyandang cacat mata, dengan prinsip yang kurang lebih sama.
Saat ini ada inisiatif untuk memanfaatkan CAPTCHA untuk tujuan positif. Untuk menyelamatkan arsip-arsip penting didunia, di banyak negara kini ada pihak yang bertanggung jawab untuk mengubah format arsip yang sudah ada (buku, dokumen tercetak) ke format digital (file komputer). Dua kendala utama yang muncul adalah banyaknya jumlah arsip yang tersimpan selama ratusan tahun, serta kualitas cetakan yang buruk sehingga hasil scan-nya sukar dikenali oleh komputer. Dengan gabungan kedua kendala itu, hampir tidak mungkin membayar tenaga manusia untuk membaca secara manual arsip yang gagal dibaca komputer.
Setelah diimplementasikan sekian tahun, CAPTCHA mulai menunjukkan beberapa kelemahan. Perkembangan hardware & software membuatnya tidak terlalu sukar dipecahkan oleh program. Apalagi muncul perusahaan yang bersedia memecahkan CAPTCHA dengan biaya sangat murah. DeCaptcher.com bersedia memecahkan CAPTCHA dengan hanya US$2 per 1000 CAPTCHA.
Untuk mengatasinya, saat ini beberapa pihak seperti Universitas Carnegie Mellon dan Penn State sedang mengembangkan CAPTCHA yang berbasis gambar, bukan lagi huruf.

Tujuan Tepat CAPTCHA Digunakan [Fungsi Captcha]

botCAPTCHA digunakan terutamanya untuk mengelakkan perisian automatik (bot) dari melakukan tindakan sama seperti manusia melakukan sign up atau login dan sebagainya. Misalnya ketika sign up untuk akaun e-mel baru, anda akan menemui CAPTCHA di bahagian bawah sign-up, Ini sebenarnya untuk memastikan bahawa form tersebut hanya boleh diisi oleh manusia dan bukannya perisian automatik atau komputer bot. Cuba anda bayangkan adalah mustahil bagi bot untuk meneka tepat CAPTCHA yang dihasilkan. Jika kaedah ini tidak digunakan, maka bertambah banyaklah akaun yang dihasilkan oleh bot.
Fungsi dari Captcha sendiri bisa juga diartikan untuk menguji kebenaran dari suatu jawaban yang soalnya diberikan oleh computer yang berupa angka dan huruf, tujuan chaptcha adalah untuk membedakan apakah jawaban itu dari computer atau dari manusia.
CAPTCHA bisa disebut sebagai uji Turing balik, karena dikelola oleh mesin dan ditujukan untuk manusia, catcha juga berfungsi untuk memfilter dan menyaring dan menolak bentuk kejahatan di dunia maya, terutama dalam proses pengujian terhadap suatu password dan pemfilteran virus dan scam di suatu website, situs atau email.
CATPCHA kadang kala sangat annoying dan mungkin menyebabkan pengguna malas untuk sign up sesuatu form. Jika anda adalah pentadbir/devoloper sistem, maka CAPTCHA mesti digunakan kerana ianya memiliki kemampuan untuk melindungi sistem daripada serangan berbahaya di mana sesetengah hackers/krackers akan cuba mempermainkan sistem anda dengan mencipta perisian atau sebuah aturcara(program) yang boleh sign up secara automatik. Sebagai contoh, penyerang(hackers/krackers) boleh menggunakan software automatik untuk menghasilkan sejumlah kuantiti akaun tertentu malah mungkin jumlah yang infiniti sehingga menyebabkan beban yang sangat tinggi pada pelayan target. Ini secara tidak langsung menurunkan kualiti perkhidmatan sistem tertentu. Hal ini boleh menjejaskan berjuta-juta pengguna yang sah dan permintaan mereka.
iInti'nya fungsi pokok captcha itu
  1. Mencegah comment Spam
    pada umumnya Pemilik web/blog/dll tidak hanya ingin komment webnya terlihat bagus dalam penampilan, kuantitas tapi tentu kualitas , tp gak tau kalo adminnya sendiri yang spam
  2. Mencegah Spam Bot
    Tau sendiri Kan bot tak bisa membaca captcha, karena string string pemrogramannya sudah tetap . tak mungkin capthca yang setiap saat berubah dapat dibaca kecuali kalau bot itu berasal dari engine Blog itu sendiri
  3. Mencegah Flood
    Siapa Yang Ingin Dia di Flood ? kecuali flood like tp kalau flood kata kata yang tidak pantas banyak lagi siapa yang mau coba ?? (Flood adalah mangirimkan data secara berulang ulang)
  4. Melindungi Pendaftaran Email / User (khusus webmail)
    Dulu Pernah Kejadian Yahoo dan google diserang semacam robot yang mendaftar email ampe ribuan! kebayang gak? ribuan mail palsu , pasti om google dan mpok yahoo marah emoticon-Big Grin
Perancangan Sistem CAPTCHA
Sebenarnya idea CAPTCHA ini diambil dari teori manusia itu sendiri bahawa manusia lebih bijak dari sistem. Hal ini kerana komputer tidak memiliki kemampuan visual yang nyata seperti manusia yang mempunyai pemikiran yang berperasaan. Manusia melihat dan mentafsir melalui perasaan sedangkan komputer tidak. Terdapat pelbagai kaedah yang digunakan oleh pencipta CAPTCHA seperti pengesahan melalui gambar/imej yang kadang kala manusia sendiri sukar untuk mengenalpasti apakah gambar/imej tersenbut (ini sebenarnya menguji respon taksiran manusia dan adalah mustahil komputer mampu mentafsir seperti manusia mentaksir).
bot2

Ada Berapa Tipe CAPTCHA?

  1. Hard Recognizing Text
    CAPTCHA berupa teks yang sulit dikenali, di acak bentuknya, dengan warna yang beragam dan berbagai teknik untuk mempersulit aplikasi/mesin mengenalinya.
  2. Pattern Matching
    CAPTCHA jenis ini meminta agan untuk memilih gambar yang sesuai dengan kata yang diharapkan, atau mencocokkan gambar yang sejenis
  3. Sound recognition
    CAPTCHA yang menggunakan suara atau voice, merupakan versi CAPTCHA untuk mereka yang memiliki kelemahan dalam penglihatan.[next]

Apakah Situs Kita Bisa Dilindungi CAPTCHA?

Tentu bisa , berikut beberapa situs yang menyediakan script CAPTCHA untuk melindungi situs agan-agan sekalian dari serangan bot atau robot:
  1. CAPTCHA adalah script gratis yang dapat agan gunakan. Mudah untuk menginstal plugin dan kontrol yang tersedia untuk Wordpress, MediaWiki, PHP, ASP.NET, Perl, Python, Java, dan lainnya. CAPTCHA  juga dilengkapi dengan tes audio.
  2. reCAPTCHA
    reCAPTCHA adalah layanan gratis yang membantu mencegah penyalahgunaan di situs agan seperti spam komentar atau pendaftaran palsu dengan menggunakan CAPTCHA untuk memastikan bahwa hanya manusia yang melakukan tindakan tersebut.
  3. Securimage
    Securimage merupakan script PHP open-source gratis CAPTCHA untuk menghasilkan gambar yang kompleks dan kode CAPTCHA untuk melindungi bentuk dari spam dan penyalahgunaan. Hal ini dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam website agan untuk memberikan perlindungan dari spam bots. Hal ini dapat berjalan pada hampir semua webserver selama agan memiliki PHP terinstal, dan dukungan GD dalam PHP.
  4. CAPTCHA Code Creator
    CAPTCHA Code Creator adalah Script PHP CAPTCHA yang menghasilkan gambar CAPTCHA. Mudah untuk menginstal pada setiap account web hosting, sangat disesuaikan dan mudah untuk mengkonfigurasi. Agan dapat menentukan ukuran gambar, warna teks dan latar belakang, font yang digunakan, jumlah huruf dan angka ditampilkan, latar belakang, dan banyak lagi.
  5. CAPTCHA Genie
    CAPTCHA Genie adalah script software untuk membuat matematika dan kode CAPTCHA kata dalam bentuk web. Mudah untuk menginstal dan menyebarkan pada setiap form web, menghentikan semua pengiriman otomatis dan memastikan bahwa hanya manusia yang dapat melakukan itu. CAPTCHA Genie sangat mudah untuk menginstal dan dapat sepenuhnya disesuaikan.
  6. Webspamprotect
    Ini adalah script PHP profesional untuk CAPTCHA yang melindungi situs Agan dari spambot. Agan bisa menyesuaikan seperti jenis text, panjang teks, latar belakang warna, font warna, perbatasan warna, ukuran gambar, font tipe dan ukuran font.
  7. Open CAPTCHA
    CAPTCHA adalah metode yang paling efektif universal saat ini untuk mencegah spam. Sementara layanan seperti akismet dan linksleeve memberikan perlindungan berharga, mereka bergantung pada adopsi luas untuk menjadi sukses.
  8. Internet CAPTCHA
    Internet CAPTCHA dirancang untuk melindungi forms html agan dimana pengguna mengirim informasi ke pengguna lain. Sebuah robot dapat secara otomatis mengirim banyak sistem informasi atau dapat mengirimkan spam terus menerus untuk mempublikasikan. Dengan ini hanya manusia yang dapat menyelesaikan kode keamanan CAPTCHA dan hanya manusia yang dapat menggunakan halaman web agan.
  9. Hello CAPTCHA
    HELLOCAPTCHA mengumumkan generasi baru dari CAPTCHA.
  10. EasyCAPTCHAs
    EasyCAPTCHAs adalah cara termudah untuk menambahkan fungsionalitas CAPTCHA ke website agan. Tidak ada software untuk menginstal Kami melayani gambar CAPTCHA dan memvalidasi form input. CAPTCHAs sepenuhnya dapat disesuaikan hanya beberapa menit saja




Credit to : Kaskus & af-experiences

0 Response to "Mengapa harus ada CAPTCHA, Apa sih Kegunaan CAPTCHA, Berikut Penjelasannya !!!"

Post a Comment