Cara Menangani Siswa di sekolah yang Sering Bolos / Alfa


Baru setahun saya mengajar di Salah satu SMK swasta yang berada di kota saya, banyak hal positif yang saya dapatkan dari pekerjaan baru saya menjadi seorang guru, dan terus terang basic  kuliah saya bukanlah dari keguruan atau ilmu kependidikan, dan saya mencoba memberikan yang terbaik yang saya bisa dari sklill yang saya punya, dengan berjalannya waktu saya menjadi paham bahwa menjadi seorang guru bukanlah tugas yang gampang, karena tugasnya menjadi contoh untuk murid - murid yang di ajarnya dan harus cerdas mengkomunikasikan pelajaran dan bimbingan supaya peserta didik menerima arahan atau pelajaran yang kita ajarkan, tapi disini saya tidak akan membahas kegiatan saya sehari - hari disekolah, saya hanya akan sharing mengenai pengalaman saya yang bisa di bilang baru menghadapi anak didik di sekolah.
Peserta didik / Siswa di sekolah SMK tidak lah sama dengan siswa yang berada di SMA / SMK negri, pengaruh guru sangatlah penting ketika kita berada di lingkungan Sekolah Menengah Kejurusan, Apalagi untuk SMK, Mereka akan di arahkan untuk bisa terjun ke dunia kerja, terutama Industri, nah pasti sikap, tingkah dan pola sehari - hari mereka akan berbeda, yang saya rasakan berbeda ketika dulu saya sekolah di SMA Negri, kebanyakan dari mereka mempunyai pola fikir aga keras dalam artian agak susah untuk di beri arahan, dan oleh karena itu saya belajar dan share dengan guru senior bagaimana cara menanganinya , berikut ada beberapa Tips untuk menangani siswa yang sering bolos dari sekolah :

  1. Bila baru Alfa Satu Hari, Langsung hubungi Orangtua bisa lewat Sms Atau di Telfon secara langsung, ditanyakan : Apakah anak tersebut Berangkat kesekolah dari rumah atau ada di rumah, 
  2. Jika dalam satu hari anak tersebut masuk ke sekolah ke esokan harinya ditanyakan kenapa kemarin bolos sekolah / atau alfa, biasanya anak tersebut akan memberi berbagai alasan entah itu sakit, entah kesiangan bangunnya, tapi kita tetap harus bertanya kepadanya.
  3. Alfa lebih dari 2 hari, pertama yang harus tetap kita lakukan adalah menghubungi keluarganya bisa ibu / bapaknya atau keluarga terdekat kenapa tidak sekolah, dan apabila tidak ada respon dari sms atau telfon, misalkan rumahnya dekat dengan posisi sekolah langsung saja kita datangi kerumahnya, jika di rumahnya hanya ada keluarganya bisa ibu/bapa kakanya, tanyakan kenapa tidak sekolah, misalkan anak tersebut berangkat dari rumah pakai seragam tapi tidak nyampe ke sekolah berarti kita harus memberi peringatan kepadanya ke esokan harinya.
  4. Keesokan harinya kita temui anak tersebut apabila masuk, dalam menghadapi siswa SMK hal yang pertama dilakukan bukanlah dengan langsung memberikan keamarahan kita sebagai guru kepadanya, tapi tetap jaga intelektual kita sebagai guru, bicara kita tegas lugas, kita harus tau kenapa dia sampai alfa dua hari, ditanyakan : apakah ada hal yang membuat tidak betah di sekolah atau apa, dan dari beberapa kasus yang saya temui kebanyak anak bolos dari merka di karenakan pengaruh lingkungan , mereka biasanya bergaul dengan anak yang sama / tidak sekolah , pertama yang harus kita lakukan adalah memberi saran supaya tidak bergaul dengan anak seperti itu, dan kita akan memberikan peringatan dengan tegas bahwa apabila kamu sekali lagi tidak masuk / alfa, maka kita tidak akan memberikan nilai kepadanya, dan akan memberikan SP 1 kepadanya.
  5. Dan apabila masih saja anak tersebut tidak masuk ke sekolah ke esokan harinya atau alfa 3 hari atau lebih dari 3 hari, maka tindakan yang akan kita lakukan sebagai guru didik adalah berkonsultasi dengan BP mengenai anak tersebut apa tindakan yang akan kita lakukan untuk menanganinya, biasanya BP akan memberikan Surat Perjanjian, yang isinya berupa perjanjian tidak akan mengulangi hal tersebut, di dalam surat perjanjian tersebut di tandatangani oleh walikelas , orangtua murid, siswanya sendiri dan guru BP,



mungkin sekian yang bisa saya share pengalaman saya dalam menangani anak yang sering bolos / alfa, semoga bermanfaat bagi guru - guru baru yang kesulitan menghadapi anak yang sering bolos

0 Response to "Cara Menangani Siswa di sekolah yang Sering Bolos / Alfa"

Post a Comment